MEKANISME BOS 2012 DAN EVALUASI PENYALURAN BOS 2011


SEMARANG, suaramerdeka.com – Sosialisasi mekanisme penyaluran bantuan operasional sekolah (BOS) untuk tahun 2012 akan dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai pekan ini. Informasi mekanisme penyaluran BOS yang baru ini disampaikan kepada gubernur, dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota.
Hal itu dikatakan Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud Prof Suyanto saat dijumpai di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Sabtu (11/12). ”Kita sudah siap untuk mensosialisasikan mekanisme penyaluran BOS 2012 yang baru pada tanggal 13 Desember 2011 nanti. Sosialisasi ini akan diberikan kepada gubernur, dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota,” ungkapnya.
Tujuan memasyarakatkan skema atau mekanisme BOS ini, karena pada tahun 2012 nanti dana tersebut tidak lagi lewat kabupaten/kota, melainkan dari pemerintah pusat akan ditransfer ke kas umum daerah provinsi. Kemudian, langsung ke sekolah dengan cara hibah. ”Karena dilakukan secara hibah kepada sekolah, maka dinas pendidikan provinsi wajib menanda tangani nota hibah dengan pemerintah daerah kabupaten/kota untuk dialokasikan ke tiap satuan pendidikan SD dan SMP,” jelasnya.
BOS 2012 akan disalurkan pada awal bulan, yakni mulai Januari. Hal ini disebabkan, anggaran mulai dilaksanakan pada bulan tersebut. Selain itu, juga melihat pengalaman penyaluran BOS 2011 yang gagal, karena banyak terjadi keterlambatan penyaluran di tiap daerah kabupaten/ kota saat dialokasikan ke sekolah. Menurut evaluasi dari Kemendikbud, pada penyaluran BOS 2011 untuk triwulan I dan II berjalan cukup lancar, meskipun ada daerah yang terlambat menyalurkan jumlahnya pun tidak banyak. Namun di triwulan III dan IV, alokasi BOS dari kabupaten/ kota ke sekolah prosesnya malah semakin parah, karena banyak daerah yang terlambat menyalurkan.
Suyanto menyampaikan, hingga saat ini ada 14 kabupaten/kota yang belum menyalurkan BOS untuk triwulan III, sedangkan di triwulan IV baru 16 kabupaten/kota yang sudah menyelesaikan proses tersebut. ”Harusnya mereka (kabupaten/kota-red) belajar dari penyaluran triwulan I dan II yang bisa tepat waktu, tapi ini di triwulan III dan IV malah semakin parah terlambatnya. Dari triwulan I hingga IV hanya Kabupaten Banyumas yang tepat waktu menyalurkan BOS ke sekolah,” tuturnya.
Dari pengalaman keterlambatan ini, lanjut dia, kondisi sekolah menjadi menderita, karena para guru harus berhutang kemana-mana untuk menutup biaya operasional sekolah. Maka dari itu, mekanisme penyaluran BOS 2012 akan diubah dari sebelumnya lewat kabupaten/kota, kini akan dilaksanakan oleh provinsi.
( Anggun Puspita / CN34 / JBSM )
Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/12/11/103955/Sosialisasi-BOS-2012-Dilakukan-Pekan-Ini

Kemdiknas Berencana Evaluasi Mekanisme Penyaluran BOS
Selasa, 27 September 2011 17:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan mengevaluasi mekanisme penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2011. Berdasarkan hasil survei terbaru menyatakan sebagian besar tim BOS kabupaten/kota (88,4 persen) menginginkan mekanisme pencairan dana BOS masa yang akan datang kembali kepada sistem tahun 2010.

“Alasan utama pemilihan mekanisme seperti tahun 2010 dibandingkan tahun 2011 adalah birokrasi sederhana sehingga dana lebih cepat diterima oleh sekolah,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemendiknas, Suyanto, yang ditemui wartawan di ruang kerjanya Selasa (27/9). Mekanisme penyaluran BOS tahun 2010 adalah langsung dari Dinas Pendidikan Provinsi ke sekolah.

Suyanto mengungkapkan hanya sebagian kecil (7,0%) kabupaten/kota yang mengatakan mekanisme pencairan dana BOS tahun 2011 lebih baik dari tahun 2010. “Dari tujuh tim BOS Kabupaten/Kota yang menyatakan bahwa dana BOS dapat sampai di sekolah lebih cepat dibandingkan dengan mekanisme tahun 2010, hanya 4 kabupaten kinerjanya dengan pendapatnya,” kata Suyanto.

Sebelumnya, mantan rektor UNY tersebut mengaku kewalahan mengatasi sejumlah kabupaten/kota yang ‘nakal’ dan tidak siap mengelola dana BOS. Baru-baru ini terungkap bahwa proses penyaluran dana BOS untuk triwulan III periode Juli – September 2011 di daerah-daerah jauh lebih lembat dibandingkan dengan triwulan I dan II.

“Berbagai upaya, mulai dari asistensi sampai mendatangi langsung kabupaten/kota yang disinyalir selalu terlambat menyalurkan dana BOS ke sekolah-sekolah telah dilakukan. Tetapi dana BOS ini tetap tidak bisa berjalan tepat waktu,” kata Suyanto.

Suyanto mengungkapkan, pada Triwulan 2 (April-Juni 2011) masih ada 10 kabupaten/kota yang belum menyalurkan dana BOS dari total 497 total jumlah kabupaten/kota. Sedangkan pada Triwulan 3 ini jauh lebih parah karena baru 332 kabupaten/kota saja yang sudah mencairkan BOS.

“Hal ini sangat keterlaluan karena saat ini sudah akhir periode. keterlambatan penyaluran dana BOS sangat tidak sejalan dengan semangat otonomi. Karena semangat awal diterapkannya mekanisme penyaluran seperti tahun ini adalah untuk mendukung otonomi daerah,” ujar Suyanto.

Apalagi dampak keterlambatan penyaluran dana BOS ini sangat beragam. Terdapat banyak kepala sekolah yang terpaksa berhutang kepada koperasi karena kebingungan menutupi biaya operasional sekolahnya. “Belum lagi isu yang berkembang tentang adanya politik lokal, dan lain sebagainya yang disinyalir turut memicu terlambatnya penyaluran dana BOS tersebut,” katanya.

Suyanto mengatakan, keterlambatan penyaluran dana BOS sangat mempengaruhi proses pendidikan khususnya di sekolah-sekolah yang bergantung pada dana tersebut untuk menutupi kebutuhan operasionalnya. Lebih dari itu, terlambatnya penyaluran dana BOS dapat mengganggu rencana pemerintah yang akan menaikkan dana BOS agar dapat menutupi 100 persen kebutuhan operasional sekolah.

“Keterlambatan penyaluran dana BOS itu menciderai konstitusi. Percuma kita mengusung semangat otonomi daerah jika penyalurannya telat. BOS itu tulang punggung pendidikan. jJika telat disalurkan berarti sama dengan menghalangi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang layak,” ujarnya.

One Response to “MEKANISME BOS 2012 DAN EVALUASI PENYALURAN BOS 2011”

  1. Wiwik Ika Yulistyowati Says:

    Informasi yang bagus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: